Leave a comment

Penyebab Ketika Olahraga Lari Perut Terasa Sakit

Penyebab Ketika Olahraga Lari Perut Terasa Sakit ,- Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. dengan berolahraga metabolisme tubuh menjadi lancar sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien. Olahraga murah tanpa mengeluarkan biaya yang banyak dan melakukannya juga mudah adalah berlari. Meski mudah dilakukan dan tanpa biaya, ternyata berlari sering membuat badan tidak nyaman. Salah satunya perut terasa sakit saat sedang berlari.Dan inilah faktor ketika olahraga lari perut terasa sakit, diantaranya sebagai berikut.

olahraga

  • 1. Belum Pemanasan Sebelum Olahraga
    Perut terasa sakit ketika berlari di pengaruhi oleh sistem olahraga yang salah, misalnya Anda berlari langsung tanpa adanya pemanasan terlebih dahulu. Maka dengan begitu, perut Anda terasa sakit. Jika Anda sebelumnya tidak melakukan pemanasan dan ternyata perut terasa sakit dan hal tersebut Anda hilangkan dan Anda mencoba untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga di mulai.
  • 2. Kurangnya Cairan dalam Tubuh
    Sudah pasti sering terjadi pada setiap orang yang melakukan olahraga. Karena saat berolahraga atau khususnya lari, keringat yang keluar itu cukup banyak dan saat itu cairan tubuh Anda pun kekurangan dan untuk menghindarinya banyak-banyaklah minum air putih.
  • 3. Makan dan Minum
    Jika sebelum melakukan olahraga Anda ternyata baru saja makan dan minum, maka itu adalah penyebab perut Anda terasa sakit. Karena saat berlari makanan dan minuman yang Anda konsumsi lambung sedang memproses makanan tersebut dan muncul rasa sakit pada perut Anda. Jika baru selesai makan sebaiknya jangan langsung melakukan olahraga terlebih dahulu.
  • 4. Terjadinya Kram Perut
    Kondisi kram perut terjadi jika tubuh kurang pemanasan atau berlari saat perut sedang dalam keadaan kenyang kondisi ini harus dihindari, lakukan pemanasan yang cukup dan tidak mengkonsumsi banyak makanan berat saat ingin berlari.

Cara termudah untuk meredakan sakit perut ketika olahraga adalah dengan menghentikan aktivitas fisik yang Anda lakukan dan memijat daerah perut yang sakit dengan lembut dan pelan serta atur pola pernafasan Anda. Jika Anda mengalami sakit perut atau kram perut secara berturut-turut sebaiknya Anda harus konsultasikan pada dokter, sebab bilamana kondisi ini di hiraukan akan berakibat fatal dan berujung pada gejala penyakit tertentu. Dikutip dari detiksehat.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: